Warga Antre Tukarkan Uang di BI Malut

Ternate, – Ratusan warga Ternate, Maluku Utara antre di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malut untuk menukarkan uang pada hari terakhir pelayanan perbankan sebelum memasuki masa cuti dan libur Lebaran 2019.

“Hari ini merupakan pelayanan terakhir untuk penukaran uang bagi masyarakat dan pelayanannya akan ditutup hingga 10 Juni 2019,” kata Kepala Perwakilan BI Malut Dwi Tugas Waluyanto di Ternate, Jumat.

Dalam pelayanan hari terakhir penukaran uang di Perwakilan BI Malut itu, nampak ratusan warga antre sejak pagi. Seluruh aktivitas perbankan mulai Jumat (31/5) akan libur hingga 10 Juni mendatang.

Dia menjelaskan aktivitas penukaran uang di masyarakat cukup tinggi, bahkan telah mencapai Rp500 miliar, sedangkan kebutuhan uang terbanyak di Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Selatan dan Halmahera Utara.

Guna mengantisipasi terjadinya antrean lebih panjang di Kantor Perwakilan BI setempat, pihaknya memprogramkan layanan kas keliling sejak 15 Mei hingga H-5 Lebaran.

Bahkan, Perwakilan BI Malut melakukan pelayanan kas keliling yang dipusatkan di dua lokasi berbeda, yakni kawasan Benteng Ford Oranye dan BPRS Bahari Berkesan.

Dia menjelaskan langkah itu dilakukan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. Warga bisa menukarkan uang di berbagai tempat keramaian, guna memenuhi kebutuhan selama Idul Fitri 1440 Hijriah.

Sebelumnya, Tim Perwakilan BI Malut melakukan operasi kas yang di mulai pagi dan sore hari.

Untuk wilayah di luar Kota Ternate, BI Malut melakukannya di sembilan kabupaten/kota dengan menggunakan kapal laut, mobil sewaan, ataupun mobil kas keliling sehingga kebutuhan uang bagi masyarakat terlayani.

Dwi mengatakan penukaran uang di tempat keramaian itu sebagai wujud pelayanan terbaik kepada masyarakat. (Ant)