Pemkab Halsel-Unkhair Tingkatkan Kelola SDA

Ternate – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) dan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (Memorandum Of Understanding – MoU) dalam rangka peningkatan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) daerah itu.

“Kerja sama ini diharapkan dengan baik dengan Unkhair membantu pemerintah daerah dalam mencari solusi-solusi p engembangan, bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan,” kata Bupati Halsel, Usman Sidik dihubungi dari Ternate, Jumat.

Selain itu, Unkahir juga dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kesenjangan yang ada di daerah serta persoalan yang esensi.

Menurut Bupati, pemerintah daerah membutuhkan Unkahir untuk mengidentifikasi, penelitian, pengabdian masyarakat, implementasi suatu kebijakan dan menelaah potensi-potensi sumber daya yang ada di daerah.

Sedangkan, Rektor Unkhair Ternate, DR M Ridha Ajam menyatakan, pihaknya berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kolaborasi dan bersinergi antara pihak Universitas Khairun dan Pemkab Halsel dalam berbagai sektor.

Dalam pelaksanaan program-program Pemkab Halsel , diharapkan Unkhair bisa berkontribusi dalam mendukung program-program tersebut.

“Dalam kerja sama ini juga diharapkan Unkhair dapat memberikan konstribusi pemikiran konstruktif kepada Pemkab Halsel ,” katanya.

Dalam kerja sama tersebut ada beberapa hal yang disepakati, diantaranya, penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, Workshop dan seminar bersama dan permagangan , pendampingan dan pemateri/nara sumber. (Ant)