Tim Pengendalian Inflasi Daerah Malut jaga stabilitas harga jelang Idul Adha

Ternate – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama instansi teknis akan bersama-sama menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan pangan menjelang Idul Adha 1443 Hijriah.

“Kami telah bersama-sama pelaku ekonomi berkaitan dengan tugas dan fungsi pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menekan inflasi, serta menyejahterakan masyarakat,karena laju inflasi pertumbuhan ekonomi yang tinggi tetapi inflasi juga tinggi tidak membawa dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menjaga stabilitas dan ketersediaan pasokan pangan jelang Idul Adha,” kata Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman di Ternate, Jumat.

Dia menyatakan, berdasarkan pantauan lima tahun terakhir, setiap hari besar keagamaan, inflasi Kota Ternate selalu menunjukkan kenaikan dan umumnya terjadi peningkatan permintaan dan berpotensi memicu gejolak harga kebutuhan pokok di pasar.

Dirinya menyebut bahwa adanya fluktuasi harga yang terjadi tersebut umumnya disebabkan oleh keterbatasan pasokan dan permasalahan distribusi, sehingga semua pihak dapat cermati ketersediaan komoditas utama penyumbang inflasi, supaya tetap dalam jumlah yang cukup dan harga terjangkau pada fase menjelang hari raya Idul Adha.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate mengakui, menjelang lebaran Idul Adha 1443 Hijriah, pasokan berbagai komoditas pangan ke Ternate minim, akibat sejumlah daerah pemasok alami gagal panen.

Kepala Seksi Usaha Perdagangan dan Pendaftaran Usaha Disperindag Kota Ternate, Lakamisipa dihubungi terpisah membenarkan, minim pasokan komoditas ke Ternate karena pasokan dari Halmahera dan Sulawesi berkurang akibat adanya gagal panen di daerah tersebut.

“Sesuai laporan, sejumlah komoditas seperti bawang, cabe dan tomat (barito) saat ini minim di pasaran, akibatnya terjadi kenaikan harga,” ujarnya.

Lakamisipa menyebut, gagal panen petani diakibatkan karena faktor cuaca, terutama untuk kebutuhan bawang yang biasanya dipasok dari Bima NTB dan tomat dari Pulau Sulawesi dan Halmahera, karena kebutuhan masyarakat kota Ternate sangat bergantung pada daerah lain.

Kendati demikian, masih menurut Lakamisipa, pihaknya bersama pemasok sembako menjamin kebutuhan barito bagi masyarakat tetap tersedia, terutama menjelang lebaran Idul Adha 1443, karena ada beberapa daerah yang akan memasok kebutuhan komoditas pangan ke kota Ternate dalam pekan ini. (Ant)