Polda Maluku Kawal Pembangunan Blok Migas Masela

Saumlaki – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol. Drs. Baharudin Djafar memastikan, jajarannya bakal membantu pemerintah dalam melakukan persiapan menjelang pembangunan fasilitas pendukung Blok Migas Masela di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Hal tersebut disampaikan Kapolda dalam kunjungan kerja perdananya di wilayah hukum Polres Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada 5 – 6 Maret 2020.

Dikatakan, dalam persiapan menyambut pembangunan fasilitas proyek strategis nasional itu, Kepolisian akan fokus menjaga Kamtibmas dan membangun sinergitas dengan semua pihak.

“Tanimbar adalah kunjungan pertama saya karena berdasarkan laporan Kapolres MTB AKBP Adolod Bormasa, ada kejadian menonjol yang sempat terjadi wilayah ini. Kejadian menonjol yang dimaksudkan yaitu pernah terjadi konflik fisik antara oknum aparat TNI-Polri di Saumlaki beberapa waktu lalu,” katanya di Saumlaki, Jumat.

Kapolda memastikan, sinergitas antara TNI – Polri akan terus ditingkatkan sehingga kejadian pada masa lalu tak akan terulang kembali.

“Kita tahu bahwa dalam waktu dekat ini akan dibangun proyek strategis nasional Blok Masela. Maka ini menjadi pilihan sejak awal kita harus siap. Semua unsur harus mempersiapkan diri untuk menyambutnya,” kata Kapolda.

Menurut dia, Blok Masela akan membawa berkah untuk Indonesia dan lebih khusus untuk masyarakat di Maluku. Untuk itu, perlu ada kesiapan dari semua unsur sehingga kehadiran Blok Masela nanti benar-benar membawa berkah dan bukan menjadi bencana.

Dalam kunjungannya itu, Kapolda melihat kesiapan personil dan fasilitas pendukung serta meninjau langsung lokasi yang bakal dipergunakan untuk pembangunan fasilitas Blok Masela yang terletak di wilayah Desa Lermatang, Kecamatan Tanimbar Selatan.

Kapolda tidak menjelaskan secara rinci sistem pengamanan yang disiapkan nanti, namun dia hanya menekankan tentang pentingnya mempersiapkan segala hal menyambut beroperasinya Blok Masela nanti.

“Dari Polda akan melakukan sistem pengamanan kemudian berkoordinasi dengan unsur-unsur lainnya untuk bekerja sama. Pengamanan ini tidak akan terjadi jika tak ada kerja sama” tegasnya.

Dalam kunjungannya ke lokasi, Kapolda didampingi perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, perwakilan SKK Migas dan INPEX. (Ant)