Disdik Ambon Siapkan Tahapan Simulasi Belajar Tatap Muka di Rencanakan Mulai Juli 2021

Ambon, sahabatrakyat.com – Linas Pendidikan (Disdik) kota Ambon menyiapkan tahapan simulasi belajar tatap muka sebagai persiapan pelaksanaan belajar tatap muka yang direncanakan mulai Juli 2021.

“Sesuai jadwal Selasa (6/4) kita akan rapat dengan tim pengawas untuk menyiapkan hal teknis, setelah itu baru dilakukan persiapan simulasi belajar mengajar tatap muka, ” kata Kepala Disdik kota Ambon, Fahmy Salatalohy, Senin.

Ia mengatakan, simulasi belajar tatap muka telah ditetapkan sekolah yang akan menjadi sampel yakni SMPN 14, SMPN 6 dan SMPN 2.

“Tiga sekolah ini akan menjadi sampel simulasi belajar tatap muka, karena kuota siswa cukup banyak dibandingkan sekolah lainnya,” ujar Fahmy.

Sedangkan sekolah lainnya, menyesuaikan kondisi di kota Ambon. Jika efektif dilakukan maka akan ditindaklanjuti.

“Kita menyesuaikan kondisi dan zona pandemi COVID – 19 di kota Ambon, agar sistem belajar tatap muka dapat dilaksanakan,” ujarnya

Fahmy menjelaskan, sesuai arahan pemerintah pusat, maka pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menilai sekolah-sekolah mana saja yang sudah dinyatakan siap melakukan belajar tatap muka.

“Daerah yang berhak menentukan kapan penerapan belajar tatap muka tentu dengan berbagai persiapan konsep adaptasi kebiasaan baru,” katanya.

Simulasi akan dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian, sehingga tidak mengakibatkan meningkatnya penularan dan penyebaran COVID-19.

Simumasi direncanakan setelah hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, setelah terpenuhinya persyaratan indikator penerapan protokol kesehatan sesuai pedoman pengawasan dan pembinaan penerapan protokol kesehatan bagi satuan pendidikan yang diterbitkan oleh Kemenkes RI. (Ant)