Polda Maluku Utara Siapkan Naskah Akademik Untuk Usulan Menjadi Tipe A

Ternate – Kepolisian Daerah (Polda), Maluku Utara (Malut) sedang menyiapkan naskah akademik dengan berbagai persyaratan untuk pengusulan dari status tipe B menjadi tipe A melalui pengusulan ke Mabes Polri.

“Pengusulan peningkatan type Polda Maluku Utara dari tipe B menjadi A yaitu naskah akademik peningkatan Polda Malut sudah dikirimkan kepada Kapolri,” kata Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto di Ternate, Rabu.

Oleh karena itu, telah direncanakan pada tanggal 12 Januari 2020, tim studi kelayakan Mabes Polri akan datang ke Polda Malut dalam rangka tindak lanjut pengusulan peningkatan Polda dari B menjadi A.

Selain itu, ada tahapan selanjutnya adalah pengkajian dari kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB).

Polda Malut sendiri, jika direstui peningkatannya menjadi tipe A, otomatis pangkat Kapolda Malut dari Brigjen Pol akan dinaikkan menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) dan diikuti penyesuaian pangkat untuk pejabat utama menjabat Kepala Bidang dinaikkan dari AKBP menjadi Kombes Pol.

Untuk memenuhi capaian itu, kata Kaoplda, pihaknya berhasil raih WBK dari Kementerian PAN RB RI Pada Tahun 2018, 2 Satker Polda Malut yaitu Polres Ternate dan Polres Halmahera Utara.

Sehingga, pada tahun 2019 Polres Ternate dan Polres Halut kembali mendapat penghargaan pelayanan publik dan Menpan RB dengan kategori baik, Polda Maluku Utara juga mendapat penghargaan dari PMI sebagai pendonor darah terbanyak di Malut.

Bahkan, secara umum situasi Kambtibmas di wilayah Malut masih dalam keadaan aman dan kondusif, kondisi ini bukan hanya tiba-tiba aman akan tetapi berkat semua pihak termaksud, TNI, pemerintahan daerah dan juga masyarakat Malut serta peran media tentunya.

Dia menyebut, sepanjang tahun 2019 Polda Maluku utara telah memberikan 14 penghargaan kepada personel Polda Malut dan jajaran yang memilik prestasi dan mengharumkan nama Polri, khususnya Polda Malut dan satu orang masyarakat.

Dimana, dari penghargaan tersebut terdapat dua nama yang diusulkan mendapat penghargaan Kapolri yakni Bripda Ramadan paat dan Brigpol Munawir. (Ant)