Ketua DPD RI Sambangi Korban Banjir di Sejumlah Titik di Jakarta dan Bekasi

Jakarta – Sambangi korban banjir di sejumlah titik di Jakarta dan Bekasi, Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti memberikan santunan berupa uang dengan total senilai Rp.398 juta yang berasal dari pribadi Lanyalla sebesar Rp.250 juta, sisanya berasal dari kas Dharma Wanita DPD RI dan Kas KORPRI Sesjen DPD RI, masing-masing Rp.28 juta dan Rp.120 juta.

Bantuan difokuskan kepada dua sasaran, selain warga Terdampak banjir yang masih mengungsi dan staf serta karyawan DPD RI yang menjadi korban banjir.

“Ada sekitar 50-an staf DPD RI yang rumahnya terendam banjir. Bahkan ada juga yang mengungsi. Ini juga kita bantu, selain warga lainnya,” ujar Lanyalla yang datang bersama anak dan istrinya, Minggu (5/1/2020).

Didampingi Senator asal Jakarta, Sylviana Murni dan Fahira Idris saat meninjau di kawasan Rawa Buaya Jakarta Barat, Lanyalla berharap masyarakat tidak perlu saling menyalahkan atau mencari siapa yang salah atas musibah ini. Lebih baik bersatu padu menghadapi dan mengambil pelajaran atas musibah tersebut.

“Semangat gotong royong untuk saling meringankan beban jauh lebih penting untuk dikedepankan dalam situasi seperti ini,” tukasnya.

Ditambahkan Lanyalla, Presiden Jokowi sudah perintahkan menteri terkait untuk mengambil tindakan cepat. Begitu pula Gubernur DKI, Jabar dan Banten beserta jajarannya. Akan lebih cepat apabila lapisan masyarakat juga berbuat konkret membantu saudara-saudara kita.

“Selain wujud nyata pengamalan Pancasila, kegiatan ini juga perintah agama, karena meringankan beban saudaranya adalah bagian dari amal saleh,” pungkas LaNyalla.

Di tempat yang sama, Senator DKI Jakarta Syviana Murni mengapresiasi atas empati dari Ketua DPD RI, Dharma Wanita DPD RI dan Korps Pegawai Negeri DPD RI atas bantuan korban banjir di Jakarta dqn Bekasi. Apa lagi bantuan dari Pak Lanyalla merupakan dana pribadi untuk memberikan bantuannya.

“Kami juga berterimakasih kepada keluruhan dan kecamatan dan Rawa Buaya yang sudah membantu warganya. Saya tahu persis memang ada saja orang yan tidak senang dengan kebijakan kita. Yang penting berikan ketransparan bisa melalui mesjid, pramuka, dan organisai masyarakat lainnya,” kata Sylviana.

Sylviana menambahkan dengan keterbukaan tersebut maka masyarakat bisa tahu ke mana arah sumbangan ini diberikan. Dirinya juga mangajakan masyarakat bisa menjadikan musibah ini menjadi rahmat bagi semua.

“Semoga ini bisa menjadi berkah buat kita. Semoga warga Jakarta bisa lulus dari ujian ini,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Senator asal DKI Jakarta Fahira Idris menjelaskan bahwa selama menjabat sebagai Anggota DPD RI, dirinya mengatakan baru kali ini Ketua DPD RI mengeluarkan sumbangnya melalu dana pribadi.

“Semoga bantuan dari kami bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tururnya.

Fahira juga menyakini pak lurah dan pak camat di Rawa Buaya bekerja secara amanah dan terbuka. Maka jangan ada lagi kecurigaan bagi masyarakat.

“Bapak-bapak yang sudah membantu ini pasti bekerja secara amanah,” terangnya.

Sementara saat meninjau musibah banjir di Kali Baru Bekasi, Jawa Barat, Anggota DPD RI Jawa Barat Amang Syafrudin berharap kepedulian yang ditunjukkan Ketua DPD RI bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban.

“Insya Allah di balik kesusahan akan ada kemudahan. Cobaan ini harus kita lalui dengan ikhlas dan tabah,” ungkap Amang usai meninjau lokasi beserta rombongan Ketua DPD RI di kawasan hunian di belakang kantor kelurahan Kali Baru, Kota Bekasi.

Selain itu, Anggota DPD RI asal Provinsi Lampung Bustami Zainudin menambahkan apa yang dilakukan oleh Ketua DPD RI bisa menjadi contoh. Karena apa yang dilakukan Pak Lanyalla bisa menjadi ispirasi bersama karena bahwa anak bangsa yang terkena musibah harus bergerak untuk berbagi.

“Sebenarnya Lampung juga terkena dampak banjir namun terbesar berada di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten,” ulasnya.

Tidak sampai di situ, Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek menjelaskan bahwa maksud tujuan kami kesini karena Ketua DPD RI merasa terpanggil dan menaruh simpati atas musibah banjir pada beberapa wakut yang lalu.

“Dan kali ini kita mau melihat para korban dan menyapa keadaannya. Ini lah bentuk kepedulian DPD RI,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, secara simbolis Ketua DPD RI beserta Ibu La Nyala sebagai Penasehat Dharma Wanita Persatuan DPD RI Dan Ibu Marnie Reydonnyzar sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan DPD RI memberikan bantuan di Jakarta dan Bekasi. (Adv)